profil
Prakata

...
Prestasi dan Pencapaian di 2011
Ditengah berbagai perubahan, gejolak dan tekanan lingkungan bisnis, Perseroan mampu berinovasi, memberikan pelayanan terbaik serta mempertahankan pertumbuhan kinerja.
Perjalanan Perseroan dalam mencapai performance bisnis yang excellence pada tahun 2011, juga diiringi dengan pencapaian prestasi di berbagai bidang dalam skala nasional dan internasional.
Dalam tahun 2011 untuk pertama kalinya dalam sejarah Perseroan, produksi mampu menembus angka di atas 6 juta ton dan Perseroan menunjukkan kinerja yang menggembirakan dengan tercapainya semua indikator kinerja dalam Rencana Kerja Anggaran Perseroan 2011. Dari sisi pemasaran, kinerja Perseroan tahun 2011 juga cukup menggembirakan. Realiasi penjualan semen 2011 adalah 6.211.603 ton atau meningkat 5 % dibandingkan dengan realisasi tahun lalu. Dalam aspek finansial, pada tahun 2011 Perseroan sukses mencapai pertumbuhan profitabilitas yang berkelanjutan dengan EBITDA Rp. 1.090 Miliar dan laba bersih Rp. 687 Miliar.
Perseroan mengukir pencapaian yang membanggakan melalui pengoperasionalan pembangkit listrik memanfaatkan gas buang pabrik yang disebut Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG). Proyek yang pertama kali diterapkan di industri semen di Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Jepang melalui NEDO ini diresmikan pemakaiannya oleh Menteri Perindustrian RI, Muhammad S Hidayat pada 26 Oktober 2011. WHRPG mampu mengurangi emisi gas CO2 sebesar 43.117 ton/tahun dan menghasilkan tenaga listrik sebesar 8,5 MW atau setara dengan 63,2 GWh per tahun. Proyek ini menjadi modelyang akan diterapkan di industri semen lainnya di Indonesia.
Selain ini, pada tahun 2011 Perseroan menambah 1 (satu) line pabrik kantong dengan kapasitas 8.000 lembar pasted bag/ jam, yang semakin menunjukkan komitmen Perseroan untuk meningkatkan pelayanan kepada Pelanggan.
Brand dari produk Perseroan juga terbukti menjadi favorit dan pilihan konsumen di Indonesia, berdasarkan hasil riset untuk menentukan merk yang paling menonjol di 125 kategori produk dan jasa yang diadakan di enam kota besar di Indonesia pada pertengahan 2011. Mengacu hasil riset lembaga internasional The Nielsen ini pulalah, Perseroan ditetapkan menerima penghargaan Superbrands oleh Superbrand Internasional.
Prestasi bergengsi di bidang CSR juga diraih Perseroan pada tahun 2011. Prestasi itu yakni “The Most Comitted Company in Participating All Categories of ICA 2011” dari Kementerian Sosial RI pada ajang Indonesia CSR Awards (ICA) 2011. Perseroan juga sukses meraih Platinum Award, penghargaan tertinggi pada ajang ICA 2011 untuk kategori Sosial, dan menyabet empat Gold Awards pada kategori Lingkungan, HAM, Konsumen, dan Ekonomi.
Pada ajang Indonesian Quality Award (IQA), Perseroan sukses meningkatkan skor MBNQA dari 422 pada tahun 2010, menjadi 461 pada tahun 2011 dengan kategori Early Improvement.Sedangkan dalam assessment Good Corporate Governance (GCG) oleh BPKP Propinsi Sumatera Barat (untuk pertama kalinya), Perseroan meraih skor pencapaian 70,13 dengan predikat Cukup.
Di bidang lingkungan, Perseroan mampu mempertahankan Proper Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup. Ini membuktikan bahwa Perseroan telah membuktikan ketaatannya dalam pengelolaan lingkungan hidup sesuai yang dipersyaratkan peraturan perundang-undangan.
Perseroan juga membuktikan kesuksesan dalam berinovasi, dengan meraih dua penghargaan tertinggi pada ajang Semen Gresik Group Awards On Innovation (SGG AI) tahun 2011. Dua penghargaan itu masing-masing The Best Of Bussiness Process Category dan The Most Creative Innovation. Selain itu, dua inovator dari Perseroan meraih penghargaan Productive Inovator. diserahkan Direktur Utama PT Semen Gresik (Persero) Tbk.
Hingga 2011, Perseroan telah berhasil memperoleh awards seperti, SICS Award : Best ISO 14001 Implementation (2006), SICS Award : Best of Best ISO 14001 Implementation (2007), Pemenang SNI Award kategori Perseroan Besar Barang (2009), dan SICS Award : Best Implementation of Integrated Management System (2010).
Untuk standar sistem manajemen, Perseroan memiliki Sistim Manajemen Semen Padang (SMSP) yang mengintegrasikan seluruh sistim di Perseroan termasuk ISO 9001:2008 (SNI-19-9001), ISO 14001:2005 (SNI-19-14001), OHSAS 18001:2007, serta ISO-IEC 17025 (SNI-ISO-17025), SMK3 dan lain-lain.
Komentar
Kirim Komentar
BERITA
PENGUMUMAN
- 11 Mei 2017
Semen Padang Belum Melakukan Penerimaan Karyawan Baru - 20 April 2015
Journalist Award 2015 PT Semen Padang
PRESS RELEASE
Corporate Social Responsibility
KANTOR PUSAT
- Indarung
Padang 25237
Sumatera Barat
Telp.
(0751) 815250 (hunting)
08126611910 (gsm)
Fax.
0751-815590
Fax. Marketing
0751-815001
www.semenpadang.co.id
KANTOR PERWAKILAN JAKARTA
- Gedung Graha Irama Lantai XI,
Jl. Hr. Rasuna Said Blok X-1 Kav. 1&2
Jakarta 12950,
Telp.
021-5261272,
5261273,
5261274,
Fax.
021-5261414.